Artikel Terbaru

Cara Kerja Forklift

Bagaimana cara kerja forklift? Forklift ialah transportasi alat berat, dengan…

FUNGSI FORKLIFT SERTA BAGIAN LENGKAPNYA

Awal mula Forklift juga membantu para pekerja agar terhindar dari…

Fungsi Crane

Crane merupakan salah satu alat berat yang sering digunakan dalam…

Cara Kerja Forklift

forklip13

Bagaimana cara kerja forklift? Forklift ialah transportasi alat berat, dengan bagian utamanya terdapat 2 garpu berfungsi untuk mengangkat pallet.

Umumnya garpu yang terdapat pada forklift sendiri sudah kompatible terhadap berbagai macam pallet yang beredar di pasaran.

Forklift bisa dikatakan sebagai alat bantu kendaraan, biasanya sering dipakai untuk berbagai kebutuhan terutama bagi yang berkecimpung di dunia logistik.

Adapun fungsi utamanya sendiri sebagai moda transportasi untuk pengangkatan alat-alat berat.

Bagian-Bagian Pada Forklift dan Fungsinya
Sesudah mengenal pengertian forklift di atas, Kamu juga harus mengenal komponen-komponen yang ada di dalam forklift itu sendiri. Ini penting sekali, baik bagi seorang mekanik maupun pencari forklift.

Tujuan mengenali bagian-bagian pada forklift itu sendiri ialah untuk melakukan perawatan pada forklift, agar Kamu mengetahui mana saja bagian-bagian pada forklift yang harus diganti dan rusak. Di samping itu, kamu juga dapat mengetahui fungsi pada bagian-bagian tersebut. Adapun bagian-bagian tersebut, diantaranya :

1. Fork

Fork sendiri arinya garpu, dimana fork ini adalah bagian terpenting dan paling utama pada forklift. Mengingat fungsi fork itu sendiri ialah untuk menopang, mengangkat, memindahkan dan membawa beban atau barang tertentu.

Dimana fork tersebut terbuat dari bahan besi yang lurus dan panjang, agar dapat mengangkut beban atau barang apa saja. Ukuran standar dari fork ini panjangnya sekitar 1070 mm, jika Kamu ingin yang lebih panjang lagi dapat menambahkan fork extension.

Saat menaruh beban pada bagian atas fork, Kamu harus memperhatikan kapasitas dan dimensi tersebut.

2. Mast

Bagian yang satu ini penting sekali dalam forklift, sebab dengan mast tersebut, fork bisa berjalan sesuai fungsinya.

Dimana bagian tersebut terbuat dari 2 buah besi tebal, dimana diantara keduanya tersebut ada komponen hidrolik dengan kegunaan untuk menurunkan atau mengangkat fork itu sendiri.

Jadi, mast ini berguna untuk tilting dan lifting.

3. Carriage

Sesudah Mast dan Fork, ada juga Carriage. Dimana Carriage tersebut merupakan bagian terpenting dalam forklift. Fungsi Carriage itu sendiri iala sebagai penghubung Mast dan Fork.

Dengan Carriage tersebut, forklift bisa membawa barang-barang secara mudah dan aman, sebab Carriage tersebut menjadi sandaran dan pengaman bagi barang-barang bawaan.

4. Overhead Guard

Overhead Guard berguna sebagai pelindung operator ketikan melakukan kegiatan pengangkatan dan pemindahan barang.

Overhead Guard ada supaya jika ada barang angkutan yang jatuh tak mengenai operator langsung.
Di samping itu, Overhead Guard juga biasanya dimodifikasi sebagai pelindung dari hujan dan terik matahari.

5. Counterweight

Bagian ini juga tak kalah pentingnya. Keberadaan counterweight sendiri dapat digunakan dengan lancar dan baik.

Hal tersebut dikarenakan kegunaan dari counterweight tersebut ialah sebagai penyeimbang beban atau barang yang diangkat menggunakan forklift.

Adapun posisi dari counterweight sendiri ada di bagian belakangan, berlawanan arah dengan fork, agar keseimbangan forklift terjaga.